Panggung Sparkling Fashion Show
Makalah ini disusun untuk memenuhi
Ujian Praktik
mata pelajaran TIK, Bahasa
Indonesia dan Mulok PI
Anggota Kelompok
1. Imacullata Gabriella
U..............12-IPS2/22
2 Issabella Lizbeth
M...................12-IPS2/23
3. Katherine Amin........................
12-IPS2/26.
4.Maya Kartika Suryani...............
12-IPS2/29
SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017/2018
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017/2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami haturkan kepada Tuhan
Yang Maha Esa karena atas rahmat dan kasihnya sehingga penulisan makalah ujian praktik gabungan tiga
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU ini dapat kami selesaikan.Makalah ini kami susun kerja bersama
anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan
bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena itu kami
menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1.
Bapak Ruslan, S.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta
Flowcart program yang dilampirakan.
2.
Ibu Christine, selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing
penulisan makalah Ujian Praktik ini
penulisan makalah Ujian Praktik ini
3.
Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing
pembuatan
proyek maket panggung fashion show
proyek maket panggung fashion show
Makalah
ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca
dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat
untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
DAFTAR ISI
Halaman Sampul
...................................................................................................................
i
Kata Pengantar ....................................................................................................................
ii
Daftar Isi
.....................................................................................................................
iii
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
E. Batasan istilah
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Sparkling Fashion Show
B. Panggung Fashion Show
C. Mikrocontroler
D. Kerangka Konsep Berpikir
BAB III
A. Sparkling Fashow Stage
B. Alat dan Bahan
1.
Mekanik Proyek
2.
Elektronika
C. Blog Diagram Maket Proyek
D. Cara Kerja Proyek Umum
BAB IV
A. Spesifikasi Maket
B. Kinerja Proyek
C. Flowcart Program
D. Lampiran Program Turbo C++ Versi
Arduino
BAB V
A. Kesimpulan
B. Kesan dan Saran
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada era globalisasi seperti sekarang ini, mode
pakaian merupakan hal yang menjadi salah satu bentuk sorotan dalam masyarakat.
Banyak orang yang berlomba-lomba untuk membentuk pakaian yang bervariasi dan
kemudian ditampilkan kepada masyarakat. Dalam penyajian penampilan ini para
designer baju berusaha membentuk stage panggung yang menarik.
Semua designer pakaian berhak untuk melakukan
pemilihan panggung yang menarik dan , memiliki karakteristik tersendiri akan
mode pakaian yang ditampilkan. sehingga dengan adanya stage panggung yang
menarik, dapat menarik minat audience untuk menikmati dan tertarik dengan
pakaian yang ditampilkan.
Berdasarkan
kenyataan dan harapan di atas penulis mencoba merancang proyek Sparkling Fashow
Stage. Panggung Fashow Stage dikendalikan oleh chip mekrokontroller sehingga
pemakaian listriknya lebih efisien serta tepat sasaran. Audience dapat
menikmati penampilan yang disajikan dengan penerangan yang baik serta keamanan
yang telah terjamin.
B.
Rumusan Masalah
Rumusan
masalah secara umum adalah:
"Bagaimana merancang panggung
Sparkling Fashow Stage, disamping sebagai tempat menampilkan mode pakaian,
namun juga memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri ?"
Rumusan umum di atas diuraikan
menjadi beberapa masalah secara khusus:
1. Bagaimana bentuk Sparkling Fashow
Stage berupa maket?
2. Bagaimana merancang dekorasi
terutama kelistrikkanya?
3.
Bagaimana sistem pengendalian Sparkling Fashow Stage dengan sistem komputer?
C. Tujuan
1. Mengetahui cara membangun
bentuk maket panggung fashion show yang multifungsi.
2. Mengetahui cara
pemasangan dan pemograman Arduino dalam membuat maket Sparkling Fashow.
D. Manfaat
1.
Menambah
wawasan dan pengetahuan dalam pemograman menggunakan Arduino
2.
Menjadi
referensi dalam pembuatan maket menggunakan program Arduino.
E. Batasan Istilah
1. Sparkling artinya
berkilauan
2. Fashow merupakan
singkatan dari Fashion Show yang artinya penampilan mode baju pada khalayak
ramai
3.
Stage artinya
adalah panggung
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A. Sparkling Fashion Show
Fashion merupakan salah satu
bentuk gaya hidup yang dapat dicoba,dipertahankan, atau ditinggalkan (Piliang, 2004). fashion adalah busana yang
menentukan penampilan seseorang dalam suatu acara tertentu, sehingga terlihat
berbeda dari sebelumnya(Adhe, 2008). secara etimologis kaitan
fashion dengan kata yang berasal dari bahasa Latin “factio” artinya
"membuat", maka arti “fashion” adalah sesuatu kegiatan yang dilakukan
oleh seseorang. Tetapi pada perkembangannya terjadi penyempitan arti dari
fashion. “Fashion” saat ini diartikan sebagai pakaian dan asesoriesnya yang
dipakai oleh seseorang(Malcolm Barnard,2011).
B.
Panggung Fashion show
Panggung
ialah lantai yang bertiang atau rumah yang tinggi atau lantai yang berbeda
ketinggiannya untuk bermain sandiwara, balkon atau podium(Purwadarminta,2010). Panggung adalah tempat
berlangsungnya sebuah pertunjukan dimana interaksi antara kerja penulis lakon,
sutradara, dan aktor ditampilkan di hadapan penonton. Di atas panggung inilah
semua laku lakon disajikan dengan maksud agar penonton menangkap maksud yang ditampilkan(Muchamad Andi Handoko,2011).
Panggung adalah sepetak tempat
dari tempat yang luas yang permukaannya dibuat lebih tinggi dari permukaan
yang lain, biasanya dibuat sebagai tempat seseorang menunjukkan diri dalam
sebuah acara(Adibah,2016.
C.
Microcontroller
Mikrokontroller
adalah suatu IC dengan kepadatan yang sangat tinggi, dimana semua bagian yang
diperlukan untuk suatu kontroler sudah dikemas dalam satu keping, biasanya
terdiri dari CPU (Central Processing Unit), RAM (Random Access Memory),
EEPROM/EPROM/PROM/ROM, I/O, Serial & Parallel, Timer, Interupt Controller.(Menurut
Setiawan,2011).
Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian
elektronik dan umunya dapat menyimpan program didalamnya(Fauzi,2011). Mikrokontroler adalah
sebuah sistem komputer fungsional dalam sebuah chip. Di dalamnya terkandung
sebuah inti prosesor, memori (sejumlah kecil RAM, memori program, atau
keduanya), dan perlengkapan input output(Marwan ramdhany,2012)
D. Kerangka
Konsep Berpikir
BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
A.
Sparkling Fashow Stage
Sparkling Fashow Stage
masih berupa maket dengan model miniatur yang terdiri
dari sebuah panggung
untuk runaway1 bagi boneka
yang memeragakan busana, 3 boneka sebagai model, gorden atau tirai sebagai
hiasan, orang – orang yang menonton peragaan busana, lampu berwarna dilengkapi dengan sensor, dan
bahkan terdapat pula lagu – lagu penunjang suasana Fashion Show.
Pada bagian panggung, akan
dibuat sedikit menonjol dan lebih tinggi diantara yang lainnya. Panggung akan
dibuat menyerupai huruf T dari dalam. Diantara kanan dan kiri panggung akan
diberikan lampu yang berkelap kelip dengan menggunakan bahasa pemrograman Arduino
yang akan mempercantik bagian panggung karena tampak berwarna - warni. Pada
bagian bawah panggung, akan dipasangkan alat semacam roda sebagai pengkontrol
jalannya boneka yang selalu bergerak maju ke depan atau mundur ke belakang.
Bagian panggung utama ( tempat boneka maju dan mundur) akan dibuat menyerupai eskalator2 lurus seperti
eskalator bandara. Bedanya, panggung ini dapat bergerak pada jarak tertentu dan
dapat kembali lagi pada jarak awal. Ketentuan bergeraknya, pada bagian awal
bergerak akan terdapat sensor lampu berwarna hijau yang menandakan boneka baru
mulai berjalan. Kemudian, sensor lampu berwarna kuning apabila boneka sudah
berjalan mencapai bagian tengah, dan sensor lampu berwarna merah apabila boneka
sudah mencapai ujung panggung ( ketika hampir jatuh / menandakan bahwa yang
diinjaknya adalah batas ujung panggung ).
Bagian tirai akan diberikan
warna silver dengan kombinasi merah sehingga unsur gemerlap dan mewah akan
semakin tampak. Bentuknya akan dibuat berlekuk – lekuk dan terdapat semacam cin
– cin yang menyatukan tirai atau gorden pada bagian atasnya sehingga tirai atau
gorden dapat dibuka dan ditutup.
Bagian penonton akan terdiri
dari 16 boneka kecil dengan 16 kursi karena penonton dibuat duduk. Posisi
penonton berada di bagian depan panggung, sebelah kanan dan kiri.
Peletakan speaker yang nantinya
sebagai tempat lagu berputar juga akan diletakkan di bagian bawah panggung
namun dibuat nampak di sebelah kanan dan kiri panggung. Ketentuan keras
pelannya speaker akan mempengaruhi nyala lampu di sekitarnya. Apabila musik
yang dimainkan keras, maka lampu akan semakin bernyala terang. Sedangkan,
apabila musik yang dimainkan pelan, maka lampu semakin lama akan semakin redup.
Lampu akan dibuat berwarna –
warni dan peletakannya di buat harmonis dengan aksesoris penunjang panggung
lainnya. Terdapat satu lampu cukup besar yang mengarah ke panggung. Lampu sorot
ini nantinya akan menggunakan LED dengan ukuran lebih besar daripada lampu –
lampu lainnya.
B.
Alat dan Bahan
1. Mekanik Proyek
a. Triplek
b. Karton
c. Lem
d. Kain berwarna Silver
e. Kain Wol berwarna Merah
f.
Cin – cin pengait gorden
g. Pipa kecil
h. 16 boneka kecil[9]
i.
16 kursi kecil
j.
3 boneka perempuan yang
cantik
k. Roda
l.
Penyanggah
m. Aksesoris dan Hiasan
2. Elektronika
a. Arduino
b. Led dan Resistor
c. Sensor dan Speaker
d. Kabel
e. Timah solder
C.
Blog Diagram Maket Proyek
Gambar diagram blog antara komponen – komponen proyek
termasuk rangkaian elektronika kelistrikannya. Berikut adalah foto maket atau
proyek :
D.
Cara Kerja Proyek Umum
Pada saat tirai panggung belakang dibuka, boneka akan
bergerak maju secara bergantian. Ketika boneka pertama mulai memasuki panggung
utama ( panggung lurus ) dan tirai dibuka, maka music perlahan mulai terdengar,
lampu pun akan menunjukkan sensor berwarna hijau. Ketika boneka sudah bergerak
maju ke tengah, music akan terdengar semakin keras dan sensor lampu pun akan
menunjukkan warna kuning. Dan apabila boneka sudah maju sampai bagian depan
panggung, maka sensor akan menunjukkan warna merah dan music pun akan terdengar
lebih keras dari yang sebelumnya.
BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK
A. Spesifikasi Maket
Spesifikasi maket
sparkling fashow stage dirancang dengan ukuran kecil :
Luas Area :
Luas Panggung Utama
Luas Panggung tirai
terbuka
Perbandingan maket dan
real
Panjang panggung utama
Panjang panggung tirai
terbuka
Lebar panggung utama
Lebar panggung tirai
terbuka
Tinggi panggung utama
Tinggi panggung tirai
terbuka
Spesifikasi bahan
Alas triplek .. x … tebal
Bahan kain
Lem merk
Spesifikasi alat listrik
Mikontroller Type
Atmega328
Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, hitam, biru, kuning dan hijau)
Timah ukuran 40x60
Sensor cahaya
Tombol push on
Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, hitam, biru, kuning dan hijau)
Timah ukuran 40x60
Sensor cahaya
Tombol push on
B. Kinerja Proyek
C. Flowcart Program
D. Lampiran Program Turbo C++ Versi Arduino
void setup() {
// initilize the digital pin as an output.
pinMode(13, OUTPUT);
pinMode(12, OUTPUT);
pinMode(11, OUTPUT);
pinMode(10, OUTPUT);
pinMode(9, OUTPUT);
}
// the loop routine uns over and over againforever:
void loop(){
digitalWrite(13, HIGH); // turn the LED on (HIGH is the voltage level)
delay(200); // wait for a second
digitalWrite(13, LOW); // turn the LED off by making the voltage LOW
delay(200);
{digitalWrite(12, HIGH);
delay(400);
digitalWrite(12, LOW);
delay(400);}
{digitalWrite(11, HIGH);
delay(600);
digitalWrite(11, LOW);
delay(600);}
{digitalWrite(10, HIGH);
delay(800);
digitalWrite(10, LOW);
delay(800);}
{digitalWrite(9, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(9, LOW);
delay(1000);}// wait for a second
}
// initilize the digital pin as an output.
pinMode(13, OUTPUT);
pinMode(12, OUTPUT);
pinMode(11, OUTPUT);
pinMode(10, OUTPUT);
pinMode(9, OUTPUT);
}
// the loop routine uns over and over againforever:
void loop(){
digitalWrite(13, HIGH); // turn the LED on (HIGH is the voltage level)
delay(200); // wait for a second
digitalWrite(13, LOW); // turn the LED off by making the voltage LOW
delay(200);
{digitalWrite(12, HIGH);
delay(400);
digitalWrite(12, LOW);
delay(400);}
{digitalWrite(11, HIGH);
delay(600);
digitalWrite(11, LOW);
delay(600);}
{digitalWrite(10, HIGH);
delay(800);
digitalWrite(10, LOW);
delay(800);}
{digitalWrite(9, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(9, LOW);
delay(1000);}// wait for a second
}
BAB V
KESIMPULAN
A.
Kesimpulan
Berdasarkan uraian BAB I sampai BAB IV dapat diberikan
kesimpulan bahwa Panggung Sparkling Fashion Show dapat menjadi contoh
bagi masyarakat dalam menyusun model fashion show yang menarik. Terutama dapat
menyampaikan kesan yang menarik konsumen mode pakaian dalam menyaksikan fashion
show. Pengembangan lebih lanjut dari pembuatan panggung Sparkling Fashion show menggunakan tenaga matahari
.
B.
Kesan Saran
Kesan
Melalui kerja sama dengan sesama
anggota kelompok dapat membangun rasa persaudaraan dan pertemanan yang lebih
akrab sehingga satu sama lain dapat saling mengenal dan menumbuhkan toleransi
akan keunikan serta kebinekaaan karakter sesama.
Saran
Ke depan sistem pujian praktik yang
berkolaborasi ini dapat ditingkatkan tidak hanya 3 mata pelajaran tetapi bisa
berkolaborasi dengan mata pelajaran lain seperti Bahasa Asing dan bahkan
seni budaya. Sehingga efisiensi waktu dan tenaga siswa dan guru lebih
efektif. Penggunaan properti lebih dikembangkan sehingga proyek sejenis lebih
berdaya guna tepat sararan.
[1]
Surya Putra, “ilmu”, https://www.scribd.com/doc/250132901/Pengertian-Fashion-Menurut-Ahli,
Pada tanggal 2 Desember 2017 pukul 15.00 WIB
[2]
Adhe, “fashion”, http://adhe-fashion.blogspot.co.id/
,pada tanggal 2 Desember 2017 pukul
15.00 WIB
[3]
Ibid
[4]
Heru subagio, “teaterku”, https://teaterku.wordpress.com/2010/03/24/tata-panggung/
, pada tanggal 2 Desember 2017 pukul
15.00 WIB
[5] Muchamad
Andi Handoko, “mempelajari panggung”, https://kasurterjun.wordpress.com/about/
, pada tanggal 2 Desember 2017
pukul 15.00 WIB
[6]
Adibah, https://brainly.co.id/profil/Adibah88-1546478,
pada tanggal 2 Desember 2017 pukul 15.00
WIB
[7]
Andry Bastian,konsep desain,hlm 27
[8]
Marwan Ramdhany, “apa itu microcontroller”, https://marwanramdhany.wordpress.com/2012/12/07/apa-itu-microcontroller/
, pada tanggal 2 Desember 2017 pukul
15.00 WIB
Bagus sekali nilai 90
BalasHapus